Membuat Surat Lamaran Kerja

Friday, November 21, 2014

Membuat Surat Lamaran Kerja

,
Membuat Surat lamaran kerja adalah pintu masuk seorang pencari kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya, bisa dibayangkan jika redaksional surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, bisa-bisa pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa mempertimbangkan lamaran anda. Inilah yang harus kita hindarkan ?

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

1. Pergunakan bahasa yang baik, benar, dan sopan
Susunan kalimat surat lamaran kerja usahakan yang baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan. Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

2. Usahakan menulis manual dengan rapi
Surat lamaran kerja yang ditulis manual dengan menggunakan ballpoint masih memiliki nilai lebih, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda. Jika surat tersebut akan dikirim secara elektronik / via email, maka bisa di scan dulu untuk dijadikan lampiran. Baca juga ....lamaran kerja via email

3. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Syarat-syarat yang ditetapkan oleh perusahaan jangan ada satupun yang terlewatkan. Beberapa lowongan kerja sering memberikan pernyataan bahwa aplikasi lamaran yang tidak lengkap dianggap gugur.

4. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda

Berikut ini contoh surat lamaran kerja

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Indonesia Hebat
Jl. Lenteng Agung B.111
Jakarta
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Indonesia Hebat yang saya dapatkan dari harian Mahardika pada tanggal 1 Nopermber 2012. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin di bagian Marketing dengan kode (MG).

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                      : Suryo Witcaksono
Tempat / tgl. lahir      : Jakarta, 05 Juni 1994
Pendidikan Terakhir  : S1 Manajemen Informatika
Alamat                      : Jl  Pegangsaan Timur No 56
Telepon (HP)            : 081234567891
Status                        : Lajang

Saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.


Hormat saya,
Suryo Witcaksono



Demikianlah sedikit tips membuat surat lamaran kerja yang dapat penulis sampaikan, semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan berkas lamaran kerja.