Membuat Lamaran Kerja via Email
Surat Elektronik (surel) yang lebih akrab kita sebut Email saat ini masih menjadi andalan dalam korespondensi lamaran kerja. Meskipun kita ketahui aplikasi lamaran kerja melalui situs lamaran kerja sudah tidak asing lagi dijagad internet. Dengan adanya Lamaran Kerja via Email, pelamar sudah tidak usah repot harus datang dan antri ke kantor pos, membeli perangko, menyiapkan amplop dan fotocopy berkas lamaran lainnya. Sedikit repot hanya pada awalnya saja karena kita harus men-scan berkas-berkas surat lamaran sebagai Kelengkapan Melamar Kerja selanjutnya berkas yang sudah dijadikan file elektronik tersebut disimpan dalam format PDF, JPG, PNG, DOC dalam flashdisk, hardisk dan media penyimpan file elektronik lainya yang sewaktu-waktu dapat dengan mudah kita pergunakan.
Step by step persiapan dalam Lamaran Kerja via Email :
Langkah Pertama, Persiapkan berkas.
Scanning berkas dengan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat mengupload file lamaran prosesnya cepat. Dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager, Paint dan lain-lain file dapat diedit ukurannya lebih dulu.
Langkah Kedua, Membuat email.
Bila belum memiliki email Anda bisa membuatnya secara gratis melalui penyedia layanan email gratis yang bisa dimanfaatkan seperti Gmail, Yahoo, AIM, Hotmail, GMX, Eramuslim, Telkomnet, Plasa.com dan lain-lain. Buatlah user name Anda yang pantas, karena bisa mencerminkan kepribadian. Bayangkan kalau kita gunakan user name seperti ini sandaljepit@yahoo.co.id atau sikodircekeredekil@gmail.com sepertinya kurang pantas untuk melamar kerja. Baca juga .......
langkah-langkah membuat email.
Langkah Ketiga, pahami persyaratan.
Ada kalanya perusahaan hanya meminta berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Bila diinginkan persyaratan yang lebih lengkap dalam 1 paket file, untuk hal seperti ini anda bisa menyusun semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam microsoft office word minimal versi 2007 serta disimpan sebagai file PDF, atau bisa memasukkan file berkas lamaran dalam satu folder lalu mengkompresnya menjadi format zip atau rar. Hal tersebut dapat meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload. Software gratis untuk kompresi seperti 7zip dapat anda download di
sini. Baca juga .....
mengkompresi file dengan 7zip
Langkah Keempat, pengiriman.
Pelamar Kerja via Email jangan sampai salah menuliskan alamat email tujuan dan judul/subject nya harus diisi. Jika hal tersebut tidak diperhatikan akan merugikan, bila judul email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Oleh karena itu pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul biasanya perusahaan mensyaratkan kita menuliskan kode posisi yang ditawarkan misalnya “Lamaran Pekerjaan Kode TL” dan lain-lain.
Langkah Kelima, Menulis redaksi.
Pergunakan bahasa yang sederhana juga tidak bertele tele, redaksionalnya bisa anda buat seperti surat lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file elektronik. Kemudian menyisipkan Attachment atau file yang akan disertakan. Baca juga ......
membuat surat lamaran kerja.
Langkah Keenam, Test pengiriman email ke email sendiri.
Setelah semua diperiksa dengan baik dan benar maka sebelum dikirim Lamaran Kerja via Email kepada email tujuan alangkah baiknya dilakukan test pengiriman ke email kita sendiri. Setelah yakin semuanya benar baru kirim ke alamat email perusahaan penerima lowongan pekerjaan. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan bahwa email Anda telah terkirim.
Lowongan Kerja yang lainnya : surat lamaran,
tips